Powered By Blogger

Opening

SELAMAT DATANG di BLOG SAYA
___________________________

WELCOME TO MY BLOG

silahkan mencari

Jumat, 08 Januari 2010

Tugas 2

[ TUGAS 2 ]
<> Buatlah 4 kalimat salah menjadi benar (struktur SPOK ) !!!
* Hingga tewas anak yatim piatu itu ditembaki polisi (Kalimat Salah)
K O P S
* Polisi menembak anak yatim itu hingga tewas (kalimat benar)
S P O K
* Bagian dalam mobil sedang dibersihkan ayah (kalimat salah)
* Ayah sedang membersihkan bagian dalam mobil (kalimat benar)
S P O K
* Ekskul pada hari Rabu dan Juma’t saya ikuti (kalimat salah)
* Saya mengikuti ekskul pada hari Rabu dan Juma’t (kalimat benar)
S P O K
* Disekolah saya ada pelajaran tambahan hari ini (kalimat salah)
* Saya hari ini ada pelajaran tambahan disekolah (kalimat benar)
S P O K


<> Buat 10 kalimat aktif dan pasif !!
1. Saya sudah membaca buku itu setahun yang lalu. (kalimat aktif)
1. Buku itu sudah saya baca setahun yang lalu. (kalimat pasif)

2. Saya sudah melihat lukisan itu kemarin. (kalimat aktif)
2. Lukisan itu sudah saya lihat kemarin. (kalimat pasif)
3. Adik sudah menulis surat untuk paman. (kalimat aktif)
3. Surat untuk paman sudah adik tulis. (kalimat pasif)

4. Ayah membelikan adik sebuah baju. (kalimat aktif)
4. Adik dibelikan ayah sebuah baju. (kalimat pasif)

5. Saya sudah mendengarkan lagu yang baru. (kalimat aktif)
5. Lagu yang baru sudah saya dengarkan. (kalimat pasif)

6. Saga sudah mengerjakan pekerjaan rumah. (kalimat aktif)
6. Pekerjaan rumah sudah Saga kerjakan. (kalimat pasif)

7. Ayah meminjamkan Tono sebuah komputer. (kalimat aktif)
7. Tono dipinjamkan Ayah sebuah komputer. (kalimat pasif)

8. Saya sudah membersihkan kamar. (kalimat aktif)
8. Kamar sudah saya bersihkan. (kalimat pasif)

9. Ibu memperlihatkan Sasa sebuah batu berlian. (kalimat aktif)
9. Sasa diperlihatkan Ibu sebuah batu berlian. (kalimat pasif)

10. Saya membacakan adik sebuah dongeng. (kalimat aktif)
10. Adik dibacakan saya sebuah dongeng. (kalimat pasif)

TOPIK
1. Sebutkan dan jelaskan hal-hal yang dipertimbangkan dalam memilih topik!
2. Jelaskan langkah-langkah pembatasan sebuah topik dan berikan contoh sesuai dengan disiplin ilmu!
3. Sebutkan dan jelaskan syarat-syarat judul yang baik?
Jawab :
1. - Menarik perhatian penulis.
- Dimengerti oleh penulis meskipun hanya prinsip-prinsip ilmiahnya saja.
- Masalah pada topic jangan terlalu luas.
- melakukan pembatasan topik.
- Jangan terlalu baru, teknis, dan kontroversial.
- Topik tersebut bermanfaat.

2. - Menarik perhatian pembaca
- Topik tidak terlalu panjang
- Maknanya jelas
- Singkat, padat, jelas

3. - Asli atau Original.
- Relevan ( antara judul dan isi ).
- Provokatif ( membangkitkan ).
- Singkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar