Powered By Blogger

Opening

SELAMAT DATANG di BLOG SAYA
___________________________

WELCOME TO MY BLOG

silahkan mencari

Minggu, 06 Juni 2010

Penalaran induktif,analogi, klasifikasi & hubungan kausal.

Tugas II

1. Jelaskan pengertian penalaran induktif ?
2. Macam-macam penalaran induktif ?
3. Hubungan kausal ada 2 : ~ sebab-akibat
~ akibat-sebab
Jawab :

1. Proses berfikir yang bertolak belakang dari sejumlah pernyataan khusus dan dari pernyataan khusus tersebut dirumuskan menjadi suatu kesimpulan.

2. Ada 3 jenis penalaran induktif :
- Generalisasi : penarikan kesimpulan berdasarkan data-data yang sesuai fakta. Fakta atau data dapat diperoleh melalui penilaian, pengamatan atau hasil survei.
- Analogi : Penalaran yang membandingkan dua hal yang berbeda, tetapi memiliki banyak persamaan. Berdasarkan banyak kesamaan tersebut ditariklah kesimpulan.
- Sebab-akibat : penalaran dimulai dengan mengemukakan fakta berupa sebab lalu disusul dengan kesimpulan yang berupa akibat.

3. ~ sebab-akibat : penalaran dimulai dengan mengemukakan fakta berupa sebab
lalu disusul dengan kesimpulan yang berupa akibat.
Contoh : manusia mempunyai rasa emosional yang tinggi tanpa memperdulikan lingkungan, misalnya menebang pohon untuk keperluan sendiri. Pohon merupakan jantung kehidupan bagi manusia tanpa pohon manusia tak akan hidup, karena pohon adalah sumber dari oksigen dan dapat pula membersihkan udara kotor. Jika kita tidak sadar akan lingkungan alam maka kita akan merasakan kepanasan yang begitu panas atau disebut pemanasan Global.
~ akibat-sebab : penalaran dimulai dengan mengemukakan fakta berupa akibat
lalu disusul dengan kesimpulan yang berupa sebab.
Contoh : pada musim hujan bencana banjir pasti terjadi. Hampir semua tempat pemukiman yang dekat dengan sungai terendam air, banjir terjadi karena masyarakat membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan resapan air. Pemerintah telah membuat program untuk mencegah terjadinya banjir. Dengan diadakan program-program yang telah dibentuk pemerintah mungkin akan mengurangi dan mencegah adanya banjir.

> Pengertian Analogi ?
Jawab : penalaran yang membandingkan dua hal yang berbeda, tetapi
memiliki banyak persamaan. Berdasarkan banyak kesamaan tersebut
ditariklah kesimpulan.

> Pengertian Klasifikasi ?
Jawab : menggolongkan atau mengelompokkan ide, gagasan, pendapat atau suatu hal atas
dasar pengalaman yang disusun secara sistematis.

> Penjelasan & aplikasi dalam sehari !

Analogi (aplikasi) : menggapai cita-cita sama halnya dengan bermain sepak bola, walupun seseorang bermain sepak bola belum tentu bisa memasukkan bola ke gawang begitu pula menggapai cita-cita seseoarang harus bersungguh-sungguh menuntut ilmu. Jadi bermain sepak bola sama halnya dengan menggapai cita-cita.

Klasifikasi (aplikasi) : seperti halnya pemanasan global suasana di dunia semakin panas dimana gunung es mulai mencair, debit air semakin tinggi, cuaca tidak menentu dan lain-lain. Kita harus memperhatikan hal tersebut, jika kita mengacuhkan maka kita sendiri yang akan kewalahan. Maka dari itu kita harus menjaga dan melestarikan alam dan menanami kembali hutan yang gundul dengan pohon sejak dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar